Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jilid Buku Tebal Sendiri, Bisa Dilakukan Di Rumah!

Cara Jilid Buku Tebal

Pergi ke toko fotocopy tentu sudah menjadi aktifitas saat ingin menjilid dokumen perusahaan bagi karyawan kantor atau tugas-tugas kuliah bagi mahasiswa.

Namun terkadang yang jadi permasalahan adalah jarak ke tempat fotocopy yang jauh dan juga biaya yang dikeluarkan, terlebih lagi jumlah dokumen yang akan dijilid tidak sedikit.

Oleh karena itu banyak dari kita yang memilih menjilid sendiri dokumen agar tidak perlu jauh-jauh ke tempat fotocopy dan yang pasti menghemat biaya.

Namun, banyak yang kesulitan ketika dokumen tersebut memiliki jumlah halaman yang tidak sedikit atau bisa dibilang tebal, jadi hal ini tentu tidak mudah.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa jenis jilid buku yang bisa dipilih untuk menjilid buku tebal dan dapat dilakukan sendiri dimanapun Anda berada.

2 Teknik Jilid Buku Tebal

Untuk menjilid dokumen yang memiliki jumlah halaman yang banyak tentu kita perlu metode atau teknik jilid yang dapat mengikat menjadi satu dengan kuat dan tahan lama.

Jenis teknik jilid yang bisa dipakai diantaranya adalah jilid jahit benang (sewn binding) dan jilid lem  (perfect binding).

Berikut adalah tahapan cara melakukan jilid buku yang tebal dengan masing-masing teknik diatas.

1. Jilid Buku dengan Benang (Sewn Binding)

Jika Anda punya banyak waktu yang tersedia untuk menjilid dokumen atau buku, Anda bisa memilih menjilid buku menggunakan benang. Karena teknik ini memerlukan sedikit waktu yang lebih lama dibanding teknik lainnya.

Sebelum mulai menjilid, berikut peralatan dan bahan yang perlu Anda persiapkan:

Alat dan Bahan

  • Benang polyester (khusus jilid buku)
  • Jarum/bor untuk jahit.
  • Dokumen yang ingin dijilid.

Langkah-Langkah Jilid Buku dengan Benang

  1. Susun kertas dokumen yang ingin dijilid menjadi beberapa bagian, misalnya dokumen ada 100 lembar maka bagi menjadi mungkin menjadi 10 kelompok dengan jumlah halaman masing-masing 10 lembar.
  2. Selanjutnya lipat kertas masing-masing kelompok menjadi 2 bagian. Jadi misalnya ukuran kertas A4 ketika dilipat menjadi A5.
  3. Berikan beberapa titik pada bagian tepi masing-masing kelompok kertas sebagai penanda agar memudahkan proses saat menjahit.
  4. Mulai jahit dokumen tersebut per kelompok kertas terlebih dahulu, jika sudah sambungkan dengan kelompok kertas yang lain satu per satu sehingga menjadi satu kesatuan.
  5. Jika sudah berhasil maka proses jilid sudah selesai.

2. Jilid Buku Tebal dengan Lem (Perfect Binding)

Jilid Buku Tebal dengan Lem
Sumber gambar: caratekno.com

Jika kurang cocok dengan jilid benang, Anda bisa mencoba teknik jilid menggunakan lem. Cara ini biasanya banyak dipakai oleh toko percetakan buku karena biaya yang murah dan hasilnya kuat.

Selain itu menggunakan lem untuk menjilid buku mampu untuk merekatkan 500-600 lembar atau dengan ketebalan dokumen sekitar 5-6 cm.

Alat dan Bahan

  • Lem jilid buku (merk apa saja)
  • Kuas lem
  • Gergaji besi/pemotong kertas
  • Kipas
  • 2 buku tebal

Langkah-Langkah Jilid Buku dengan Lem

  1. Pertama, siapkan dokumen yang ingin dijilid dan jangan lupa untuk merapikan sisi-sisi kertas supaya rata tidak ada yang tingginya berbeda.
  2. Apit tumpukan dokumen yang akan dijilid menggunakan 2 buku tebal yang sudah disiapkan. Pastikan kuat dan tidak goyang.
  3. Oleskan lem menggunakan kuas pada salah satu sisi dokumen secara perlahan hingga hasilnya merata ke seluruh permukaan kertas.
  4. Kemudian tunggu hingga lem kering, bisa menggunakan kipas untuk mempercepat proses pengeringan lem atau biarkan semalaman.
  5. Jika lem sudah kering, beri olesan lem kembali pada permukaan kertas untuk memperkuat ikatan dan beri tutup dengan soft cover atau hard cover.
  6. Setelah kering berarti proses jilid sudah selesai.

Bagaimana mudah bukan cara jilid buku tebal sendiri. Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja asalkan ada alat dan bahannya.

Jika ingin hasil yang lebih kuat karena mungkin jumlah halaman dokumen lebih dari 500 Anda bisa menggabungkan jilid benang dan lem.

Alief
Alief The dreamer with poor execution, senang ngulik teknologi dan sharing dengan tulisan.

Posting Komentar untuk "Cara Jilid Buku Tebal Sendiri, Bisa Dilakukan Di Rumah!"