-->

Letak dan Posisi Tinta Warna Printer Canon

Posisi Tinta Warna Printer Canon - Bila dahulu mesin printer mewajibkan pemakai untuk beli cartridge printer baru saat tinta telah habis, saat ini Anda tak perlu disibukkan kembali dengan persoalan ini.

Beberapa seri printer seperti Canon iP-2770. MP150, dan MX308 mempunyai cartridge yang memungkinkan lakukan pengisian ulang tinta.

Tentu saja harus memakai tinta isi ulangi sah dari Canon juga. Tetapi, bagaimana triknya? Di mana letak posisi tinta warna Canon? Berikut keterangan selengkapnya.

Mengenal Macam Warna Tinta Printer Canon

Macam Warna Tinta Printer Canon


Saat sebelum mengisi ulang tinta printer Canon Anda lebih dulu harus tahu jenis dan posisi tiap warnanya. Karena jika keliru dalam masukkan warna, karena itu dapat menghancurkan cartridge yang berada di printer itu.

1. Warna Merah (Magenta)

Warna merah atau umum disebut dengan Magenta, di mana warna ini dipakai sebagai warna dasar dalam pencampuran warna seperti warna coklat dan orange. Tempatnya sendiri berada di sisi tengah atas, persisnya di tengah-tengah atas warna biru dan warna kuning.

2. Warna Biru (Cyan)

Seterusnya ada warna biru atau dapat disebut cyan, posisi warna tinta Canon ini berada pada bagian kiri dari cartridge. Persisnya ada di samping kiri warna kuning dan samping kiri bawah warna merah.

Warna biru sendiri dipakai untuk menyamakan pencampuran pada proses pewarnaan, ini karena dia mempunyai tone warna yang lebih gelap. Warna biru jadi dasar untuk membuat warna primer yang lain yakni hijau, coklat, dan warna ungu.

3. Warna Kuning (Yellow)

Lalu ada pula warna kuning atau yellow, tentunya dia berada pada bagian kanan dari cartridge. Lebih persisnya berada di kanan warna biru dan di kanan bawah warna merah. Warna kuning ini dipakai untuk membuat kombinasi warna yang lebih ceria, khususnya pembuatan warna muda atau warna sekunder.

Letak Posisi Tinta Warna Canon Dalam Cartridge

Posisi Warna Tinta Printer Canon

Tidak sama dengan cartridge tinta Epson yang mempunyai warna hitam, cartridge tinta warna printer Canon berisi 3 warna berbeda.

Nah, tentu saja saat Anda ingin melakukan isi ulang tinta warna Canon, Anda perlu mengetahui letak dan posisi warna pada cartridge printer Canon supaya tidak salah menyuntikkan warna.

Letak posisi tinta Canon ini terselinap oleh susunan stiker. Anda dapat melepaskan semua stiker itu secara perlahan-lahan atau melubangi sisi yang ada cengkungan agar dapat mempermudah proses pengisian tinta. Akan ada tiga cengkungan/lubang, satu di atas dan dua di bawah.

Sesudah Anda mendapati tiga cengkungan/lubang ini, letak posisi tinta warna Canon diawali dari warna magenta yang berada atas, warna cyan pada bagian kiri bawah, dan warna yellow pada bagian kanan bawah.

Agar mempermudah proses isi ulang di kemudian hari, Anda bisa juga memberi tanda ke-3 lubang ini dengan spidol warna.

Cara Isi Ulang Tinta Printer Canon

Cara Isi Ulang Tinta Printer Canon


Salah satunya keunggulan dari printer Canon ialah dapat diisi ulang tak perlu boros beli cartridge baru setiap tinta habis. Sekarang, Anda juga sudah tahu letak posisi tinta warna Canon dalam cartridge.

Waktunya mempersiapkan alat dan bahan untuk melakukan isi ulang tinta printer Canon. Pertama, pastikan Anda telah beli tinta isi ulangi khusus Canon, ya.

Selanjutnya, persiapkan alat suntik dan tisu. Alat suntik ini untuk masukkan tinta ke lubang cartridge. Sepanjang Anda telah mempersiapkan alat dan bahan berikut, karena itu Anda siap untuk isi ulang tinta warna Canon. Bagaimanakah cara isi tintanya? adalah sebagai berikut :

1. Langkah awal dalam isi ulangi tinta warna mesin foto copy Canon ialah menghidupkan mesin printer. Benar, printer harus pada kondisi hidup saat Anda akan melepaskan cartridge.

2. Saat printer pada kondisi stand by, membuka cover dari mesin printer dan terlepas cartridge tinta warna Canon. Berhati-hati dalam melepaskan cartridge, tidak boleh diambil paksakan.

3. Selanjutnya, baru Anda dapat melepaskan atau membolongi stiker seperti instruksi awalnya. Isilah tinta warna ke alat suntik dengan ukuran 5-10 ml.

4. Tutup sisi head cartridge dengan tisu dan suntikkan tinta warna ke lubang. Banyak kasus di mana tinta bocor dan tidak masuk ke cartridge, ini dapat Anda jauhi dengan masukkan jarum suntik ke lubang yang dirasa seperti dilapis gabus.

Ulang proses isi ulangi tinta ini untuk beberapa warna yang lain. Pastikan jika Anda tidak masukkan tinta sampai penuh apa lagi luber, karena ini bisa membuat hasil printing jadi buruk dan amburadul.

Sesudahnya, membersihkan head cartridge dengan tisu dan kenakan kembali lagi ke posisi dan letak tinta warna Canon sebelumnya. Tutup cover printer dan Anda juga bisa memakai kembali printer itu.

Tips Dalam Isi Ulangi Tinta Warna Canon

  • Biasanya, printer akan memberi pemberitahuan jika tinta hampir habis. Sangat penting tidak untuk dibiarkan. Jika cartridge betul-betul pada kondisi kosong karena ini mempunyai potensi mengakibatkan cartridge jadi kering dan tidak dapat kembali diisi ulangi.
  • Lihat ukuran tinta yang ingin Anda suntikkan. 10-20 ml sama dengan 5 sampai 8 tetes tinta. Bila Anda telah telanjur menyuntikkan tinta sampai penuh atau luber, diamkan saja tinta keluar sendirinya. Tak perlu mengelapnya dengan tisu karena justru akan membuat cartridge jadi macet.
  • Bagaimana bila secara tidak sengaja salah menyuntikkan tinta warna Canon? Jangan panik! Segera ambil beberapa tisu dan bungkus cartridge sampai tinta merembes keluar. Biarkan selama beberapa menit untuk memastikan seluruh tinta sudah keluar sepenuhnya.
  • Setelah itu tes kembali dengan mencoba print beberapa kali. Jika sudah, maka Anda bisa kembali menyuntikkan tinta warna yang sesuai dengan letak tinta warna Canon.
  • Tips yang terakhir, sebaiknya gunakan sarung tangan latex saat melakukan isi ulang tinta agar tangan Anda tidak kotor.
Itulah sedikit penjelasan mengenai macam dan posisi warna pada printer Canon, sekarang Anda tidak perlu kebingungan lagi dan bisa melakukan isi ulang tinta sendiri, semoga bermanfaat dan terimkasih.

Daftar dan Dapatkan Update Terbaru

0 Response to "Letak dan Posisi Tinta Warna Printer Canon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel