Cara Merawat Mesin Fotocopy Supaya Tahan Lama

Cara Merawat Mesin Fotocopy - Kehadiran mesin fotocopy sudah pasti mempermudah kebubutuhan akan mengandakan sebuah dokumen. Kita tidak membutuhkan waktu lama bahkan juga harga yang mahal untuk mengandakan setumpuk dokumen yang dipunyai.

Perihal ini pula yang membuat usaha fotocopy jadi salah satunya usaha yang masih dan terus berkembang. Tidaklah aneh beberapa perusahaan besar pilih melangsungkan mesin fotocopy sendiri.

Apa saja namanya entahlah itu benda mati atau benda hidup seandainya tidak di rawat maka hancur dengan selekasnya, tidak kecuali dengan mesin fotocopy yang kita gunakan bekerja setiap hari, jika tidak kita rawat pasti hancur juga.

Tetapi cara merawat mesin fotocopy ini tidak segampang merawat benda benda yang lain, cukup hanya dilap agar terlihat bagus, atau dicuci agar terlihat bersih. Mesin fotocopy tidak semacam itu menjaganya, ada tehnik dan trick tertentu untuk merawat mesin ini.

Apabila mesin fotocopy tidak di rawat karena itu efeknya ialah di hasil fotocopy yang kelihatan tidak baik, kemungkinan berbintik, kabur, bergaris dan ada banyak lagi yang tentu saja akan membuat customer jadi tidak senang.

Nah, supaya mesin fotocopy tidak gampang alami bermacam permasalahan, karena itu perlu dilaksanakan perawatan teratur supaya mesin masih tahan lama. Simak caranya di bawah ini.

Cara Merawat Mesin Fotocopy

Cara Merawat Mesin Fotocopy Supaya Tahan Lama
Cara Merawat Mesin Fotocopy | Sumber gambar : www.mesinfotocopymurahsemarang.com


1. Rajin Bersihkan Roller-Roller Karet

Supaya mesin fotocopy bekerja secara baik dan tidak mempunyai kendala dalam tiap penggunaannya karena itu seharusnya kerjakan pembersihan pada roller karet. Roll khusus yang perlu dibikin bersih ialah roll pick up, roller sparator, roll ADF dan roller feed.

Semua roller itu sebaiknya dibikin bersih dengan teratur karena mempunyai peranan yang perlu. Roller yang kotor akan membuat jalur jalannya kertas jadi tidak lancar.

Roller ini akan bergesekan dengan kertas hal itu yang membuat roller harus rajin dibikin bersih. Bahkan juga roll roll ini dapat sampai hitam yang membuat harus dibikin bersih. Roller yang telah lembut harus juga selekasnya ditukar.

Karena bila didiamkan akan membuat kertas kerap nyangkut atau bahkan juga tidak bisa ditarik. Hingga penting untuk memeriksa keadaan dari roller roller yang ada dalam mesin fotocopy yang dimilki.

Informasi! Dalam Usaha Percetakan memang seharusnya membutuhkan Modal yang Besar tetapi Untung yang paling kecil. Untuk Harga Mesin Fotocopy saja memerlukan dana paling kecil sejumlah Rp. 12.500.000,-

2. Bersihkan Platen Glass

Dalam cara merawat mesin fotocopy supaya masih tahan lama bersihkan beberapa bagian dari mesin jadi hal yang khusus. Sisi platen glass sebagai sisi yang paling terlihat karena sisi ini sebagai tempat untuk menempatkan dokumen yang bakal dipotretcopy.

Meja kaca ini benar-benar disarankan untuk dibikin bersih secara periodik karena, kotoran atau debu dapat hinggap dengan disitu bersama-sama dengan dokumen atau kertas yang diforocopy.

Jika meja kaca tidak dibikin bersih karena itu kotoran itu akan turut terfotocopy hingga dari hasil fotocopy memunculkan bintik yang paling mengganggu.

Untuk membersihkannya dapat memakai kain dengan cairan pencuci kaca sampai betul-betul bersih dan kering. Juga bisa dibikin bersih dengan memakai tisu basah. Sebaiknya bila sisi ini dibikin bersih seringkali hingga hasil fotocopy masih bagus.

Jika memungkinkannya kaca seharusnya dilepaskan hingga dapat dilaksanakan pembersihan sampai permukaan dalam, bahkan juga mirror yang ada pada bagian bawahnya.

Penggunaan mesin yang telah lama seringkali membuat kotoran melekat di bagian dalam sampai miror. Ini akan membuat hasil fotocopy jadi kabur dan tidak terang. Sudah pasti ini benar-benar mengganggu hingga perlu untuk dibikin bersih.

3. Clear Error dan Jam Paper

Permasalahan kertas tersangkut atau jam paper seringkali terjadi saat memakai mesin fotocopy. Meskipun begitu permasalahan ini dapat ditangani sendiri dalam cara merawat mesin fotocopy yang betul.

Jam paper karena peletakkan kertas yang tidak rapi, clawa atau kuku kotor, sponge aus dan kertas yang tidak dilonggarkan lebih dulu. Jam paper dapat anda saksikan pada monitor LCD untuk ketahui status kertas terlibat.

Bila tanda ada cara seterusnya yang anda kerjakan ialah mengecek pemicu permasalahan itu. Pengantian elemen yang tidak pantas menjadi salah satunya cara yang perlu selekasnya dilaksanakan.

Bila didiamkan karena itu rutinitas fotocopy anda dapat terusik. Alternative cara yang lain dengan clean error. Sering mesin fotocopy normal kembali saat telah dilaksanakan clear error.

Clear error dapat dilaksanakan dengan cara memencet tombol *28* untuk mendapati tanda * anda dapat ke arah pada additional function pada panel fotocopy. Selanjutnya pencet copier, function, clear dan Err yang diteruskan dengan mendesak Ok.

Kemudian anda harus mematikan mesin selanjutnya hidupkan kembali. Cara gampang ini seharusnya terus anda ingat hingga bila terjadi permasalahan dapat selekasnya bertindak penuntasan permasalahan.

4. Jangan Lupa Membersihkan Drum

Bukan hanya sisi roll dan meja kaca yang perlu selalu dijaga kebersihannya. Bersihkan drum sebagai cara merawat mesin fotocopy yang dianjurkan. Untuk membersihkannya anda dapat tarik drum keluar dan membersihkannya dengan braso.

Ini karena drum sebagai tempat toner menempel dan tempat cetak kertas. Hingga sisa-sisa toner yang tidak dibikin bersih dengan prima oleh wiper blade akan melekat pada drum.

Untuk bikin drum tahan lama anda bisa juga memakai tinta yang sesuai mesin fotocopy. Penggunaan tinta yang tidak prima makin lama akan menghancurkan elemen yang lain.

Tidak itu saja tinta yang berkualitas jelek akan membuat hasil pergandaan buruk. Jika anda menjalankan bisnis karena itu hasil kualitas pergandaan anda akan turun yang dapat membuat konsumen protes bahkan juga malas untuk kembali tiba.

5. Lihat Permasalahan Korona Atas dan Bawah

Untuk jaga supaya hasil fotocopy mempunyai kualitas bagus karena itu anda disarankan untuk jaga kebersihan korona sisi atas dan sisi bawah.

Apa lagi bila tiap hari volume pergandaan banyak karena itu pembersihan sebaiknya dilaksanakan tiap hari. Bila tidak dilaksanakan pembersihan korona akan makin kotor. Hingga hasilkan hasil yang buruk bahkan juga akan membuat mesin error E61. Ini jadi penting untuk jadi perhatian.

Bila Kamu ingin Mengawali usaha fotocopy Anda harus jadi orang yang sabar dan tekun

6. Penting Untuk Bersihkan Bodi Mesin

cara merawat mesin fotocopyRajin Bersihkan Bodi Mesin Fotocopy

Bodi mesin fotocopy ialah sisi yang termudah untuk ditempeli debu hingga penting untuk membersihkannya dalam cara merawat mesin fotocopy yang bagus.

Anda dapat membersihkannya dengan mengelap tiap sisi luarnya kotor. Anda harus juga memerhatikan benda kecil seperti isi staples, clip atau benda yang lain supaya tidak masuk di dalam mesin fotocopy.

Anda sebaiknya menghindari sampah dan makanan supaya tidak jatuh berkenaan sisi bodi. Dengan menghindari hal tersebut peluang ada tikus masuk di dalam mesin jadi sedikit. Karena sering tikus dapat masuk di dalam mesin fotocopy.

Tikus itu akan menghancurkan spare part atau bahkan juga kabel yang ada dalam mesin. Apa lagi bila sekitar lingkungan mesin pun tidak dijaga kebersihannnya, bisa hewan lain masuk di dalam mesin fotocopy.

7. Membersihkan Waste Toner

Waste Toner sebagai area untuk menyimpan toner sisa yang dibuat proses dari fotocopy. Semua toner yang melekat pada drum akan dibikin bersih oleh blade yang selanjutnya mengucur pada waste toner.

Bila saat proses pergandaan anda menemui pesan replace water toner itu maknanya kini saatnya buang tersisa toner itu. pesan itu sebagai tanda jika tabung tidak dapat memuat toner kembali.

Untuk membersihkannya anda dapat buka baut bodi cover yang berada pada bagian samping mesin. Selanjutnya anda harus keluarkan tabung dan buanglah toner sampai habis.

Sesudah dibikin bersih anda dapat memasangnya kembali. Dalam cara merawat mesin fotocopy ini perlu dikerjakan supaya message replace waste toner tidak tampil dan sebagai cara jaga kebersihan pada mesin fotocopy.

8. Bersihkan Kaca Dengan Lap Basah Secara Rutin

Mesin fotocopy terbagi dalam banyak sekali elemen. Salah satunya yang berperanan penting ialah platen glas atau kaca. Elemen satu ini sebagai permukaan kaca untuk menempatkan kertas yang bakal disalin.

Seiring waktu berjalan dan penggunaan, umumnya permukaan kaca itu akan kotor karena bintik atau debu. Bila didiamkan, pasti membuat hasil fotocopy jadi kurang optimal.

Oleh karenanya, salah satu cara merawat mesin fotocopy adalah membersihkannya secara rutin.

Anda perlu teratur membersihkannya memakai lap atau kain yang dibasahi dengan alkohol. Juga bisa memakai cairan pencuci cat kuku (aseton) yang dituang seperlunya pada kain bersih.

Sama seperti yang dijumpai, mesin fotocopy mempunyai peranan yang nyaris diperlukan oleh seluruh orang. Harga mesin ini tidak murah hingga perlu perawatan extra supaya mesin mempunyai usia panjang.

Pada intinya jaga kebersihan jadi cara paling dasar bila ingin mesin fotocopy masih tahan lama. Dengan jaga kebersihan bukan hanya tahan lama kualitas dari pergandaan akan optimal.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url