Cara Mengisi Tinta Mesin Fotocopy yang Benar

Cara Mengisi Tinta Mesin Fotocopy - Supaya mesin fotocopy dapat menghasilkan salinan dokumen dengan kualitas yang baik, karena itu diperlukan tinta atau toner yang cocok. Tetapi, jangan membayangkan tinta mesin fotocopy seperti tinta printer yang cair.

Pada mesin fotocopy, tinta atau toner mempunyai struktur bubuk atau serbuk lembut, yang nanti membuat text atau gambar pada kertas.

Pemilik mesin fotocopy, tentu saja Anda ingin dapat menghasilkan salinan dokumen yang berkualitas baik, kan? maka dari itu cara mengisi tinta mesin fotocopy menjadi ilmu yang penting Anda kuasai.

Namun sebelum pada pembahasan utama yaitu cara mengisi tinta mesin fotocopy, mari kita kenali terlebih dulu tinta/toner pada mesin fotocopy beikut ini.

Apa Itu Toner Mesin Fotocopy

Cara Mengisi Tinta Mesin Fotocopy
Cara Mengisi Tinta Mesin Fotocopy | Sumber gambar : mesinfotocopybaru.blogspot.com/

Toner/tinta pada mesin fotocopy sebagai bubuk hitam sebagai media yang hasilkan tulisan/gambar di kertas, toner dibuat dari kombinasi bahan kimia dan bubuk besi, karena ada kandungan bubuk besi berikut toner sanggup menempel di roller magnet.

Sebagai bubuk yang hasilkan hasil cetakan di kertas karena itu toner ini memiliki peran yang perlu dalam hasilkan fotocopy yang baik, makin bagus kualitas toner karena itu makin bagus juga hasil yang bisa diciptakan.

Saat toner yang berada di box develope nyaris habis, karena itu sensor yang berada di box develope akan mengirimi pesan ke monitor jika toner telah habis, umumnya akan ada tulisan "add toner". karena itu anda perlu untuk menambah toner ke develope.

tetapi bisa menjadi permasalahan bila anda tidak paham di mana box develop dan di mana juga letakknya, daripada pusing saya di sini akan berusaha untuk memberikan informasi mengenai cara untuk mengisi toner pada suatu mesin fotocopy.

Kenapa Perlu Mengganti Tinta Mesin Fotocopy ?

Berbeda merek atau tipe tinta mesin fotocopy, karena itu berbeda juga jumlah salinan yang dapat dibuat. Tetapi, biasanya satu tinta atau toner dapat hasilkan salinan sampai 12.000.

Nah, jika sudah melalui jumlah itu, tinta juga harus diisi ulangi atau ditukar supaya mesin fotocopy masih dapat mengopi dokumen dengan hasil berkualitas baik.

Pikirkan bila Anda malah biarkan demikian saja, pasti dapat beresiko menghalangi rutinitas dan keproduktifan setiap hari.

Pastikan Memilih Tinta Yang Sesuai

Sebaik apa saja kualitas tinta yang Anda punyai, pasti hal itu akan sia-sia bila tinta kurang sesuai type mesin fotocopy yang Anda punyai.

Karena itu, saat sebelum mengaplikasikan cara menukar toner mesin fotocopy, Anda harus pastikan jika tinta telah sesuai mesin fotocopy. Tidak boleh memaksain diri untuk beli toner yang tambah murah bila memanglah tidak tepat.

Misalkan, jika mesin fotocopy Anda bermerek Canon, karena itu beri toner dengan merek yang serupa juga. Untuk mempermudah Anda saat menentukan tinta sama type mesin fotocopy, Anda dapat membaca buku petunjuk mesin fotocopy.

Jadi yakinkan Anda beli toner mesin fotocopy Canon atau Fuji Xerox yang pas dengan mesin fotocopy yang Anda punyai.

Disamping itu, yakinkan juga untuk beli toner mesin fotocopy pada tempat atau toko yang tepercaya dan mempunyai rekam jejak baik. Beli lewat cara online pun tidak apapun sepanjang toko itu memang memiliki trek record yang bagus.

Cara Mengisi Tinta Mesin Fotocopy

Umumnya cara mengisi ulang atau mengganti tinta mesin fotocopy tergantung dari merek dan type mesin tersebut. Tetapi, sebagai kisah, biasanya berikut cara menukar toner mesin fotocopy yang dapat Anda dalami:

1. Membuka Cover Pintu Depan

Pertama, Anda harus buka cover pintu depan mesin fotocopy lebih dahulu. Triknya dengan menarik ke-2 segi ujung cover

Kerjakan dengan perlahan-lahan, janganlah sampai membuat mesin fotocopy terbuncang terlampau keras. Munkin ada banyak tipe mesin yang memakai skrup. Bila semacam itu membuka skrup lebih dulu.

2. Membuka Kotak Tinta atau Toner Cartridge

Sesudah cover pintu depan terbuka, geser kotak tinta atau toner cartridge yang ada pada bagian sudut atas kanan mesin fotocopy. Ini dilaksanakan untuk memudahkan proses pengisian tinta. Lantas, pencet handle yang ada pada bagian ujung kotak tinta. Baru kemudian ambil kotak tinta yang bakal diisi.

3. Isi Tinta ke Kotak Tinta

Dengan status kotak tinta atau toner cartridge yang telah diambil, Anda bisamemulai proses pengisian toner dengan tinta yang baru. Seharusnya tidak boleh mengisi tinta terlampau penuh, cukup 80% dari kemampuan kotak.

Maksudnya ialah membuat ruangan supaya per didalamnya dapat berputar-putar. Sesudah usai lakukan pengisian toner, yakinkan semua sudah bersih dan tidak ada tinta atau toner yang ketinggalan.

4. Masukan Kembali Kotak Tinta

Pastikan tinta telah berisi secara baik dan tidak ada yang tumpah, baru kemudian masukan kotak tinta ke tempatnya kembali. Pencet tuas kotak tinta, lalu tutup kembali cover pintu mesin fotocopy.

Proses isi ulangi tinta atau toner telah usai. Cara ini tidak berbeda jauh dengan mengisi tinta atau toner printer laser jet, untuk printer umumnya ada yang memakai suntikan, atau ada pula langsung menukar dengan catridge yang baru.

Selalu ingat tidak untuk mengisi tinta atau toner printer laser jet sampai penuh, sisakan sedikit ruangan. Saat ini Anda sudah mengetahui cara menukar atau proses isi ulangi tinta fotocopy atau serbuk toner.

Dengan ini, Anda dapat jaga supaya tinta mesin fotocopy selalu ada hingga hasil kopi juga mempunyai kualitas yang bagus.

Demikian ulasan cara mengisi tinta mesin fotocopy, semoga pembahasan kali ini bermanfaat terimakasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url