Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Kertas A4 di Berbagai Lembar Kerja Aplikasi

Cara Mengatur Ukuran Kertas A4

Cara Mengatur Kertas A4 - Seperti yang kita tahu ada banyak ukuran kertas di dunia yang dicetak dan digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satutnya adalah kertas dengan ukuran A4.

Ukuran kertas A4 sering kali digunakan sebagai ukuran untuk berbagai dokumen di Indonesia. Tidak hanya itu, kertas A4 juga sudah menjadi standar ukuran kertas Internasional.

Oleh karena itu, pengaturan ukuran standar (default) pada berbagai lembar kerja aplikasi pembuat dokumen, gambar dan format bentuk yang lain menggunakan ukuran kertas A4.

Beberapa aplikasi seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel sudah menggunakan setting-an ukuran kertas A4 sebagai ukuran default aplikasi.

Namun, tidak semua aplikasi sudah menggunakan ukuran kertas A4 sebagai program awal. Bahkan terkadang aplikasi Microsoft Word atau Excel juga ada yang menggunakan ukuran kertas yang lain.

Sehingga, ketika kita ingin membuat suatu dokumen atau mencetak foto yang menggunakan ukuran kertas A4, kita harus mengaturnya sendiri pada aplikasi yang kita gunakan.

Ukuran Kertas A4 dalam Berbagai Satuan

Mengetahui ukuran kertas A4 dalam berbagai satuan panjang merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan juga. Pasalnya setiap aplikasi memiliki beberapa pilihan ukuran lembar kerja dengan satuan panjang yang berbeda-beda.

Dalam ulasan sebelumnya kami sudah mengulas mengenai ukuran kertas A4 dalam berbagai satuan. Dimana ada beberapa plihan satuan panjang yang bisa kita gunakan seperti milimeter, centimeter, dan pixel dan masih banyak lagi.

Ulasan selengkapnya mengenai ukuran kertas A4 bisa dilihat pada link dibawah ini.

Ukuran Kertas A4 

Penggunaan Kertas A4

Penggunaan Kertas A4

Kertas ukuran A4 digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Baik dalam keperluan dunia pendidikan maupun perusahaan.

Hal ini tentu tidak mengherankan, karena kertas A4 juga sudah menjadi ukuran standar ukuran Internasional sehingga sudah digunakan di banyak negara termasuk Indonesia.

Berikut penggunaan kertas A4 dalam berbagai kebutuhan, yaitu:

1. Dokumen Resmi

Sampai saat ini kertas A4 masih digunakan sebagai syarat utama ukuran kertas untuk mencetak dokumen-dokumen penting.

Contoh dokumen penting yang menggunakan ukuran kertas A4 seperti tugas skripsi atau juga makalah yang biasanya digunakan sebagai akhir tugas kuliah.

Dalam dunia kerja juga masih menggunakan ukuran kertas A4 untuk berbagai keperluan dokumen seperti proposal dan surat-surat lain.

2. Sertifikat

Mungkin kita sering menjumpai sertifikat dengan ukuran kertas F4, namun tidak jarang juga ada sertifikat yang menggunakan ukuran kertas A4 karena dalam mencetak sertifikat sendiri bisa menggunakan kertas dengan ukuran yang bermacam-macam.

3. Gambar

Selain digunakan untuk keperluan dokumen berupa tulisan-tulisan penting, ukuran kertas A4 juga biasa dipilih untuk kegiatan menggambar.

Ada dua jenis kertas dengan ukursan A4 yang biasa digunakan untuk menggambar yaitu kertas HVS dengan permukaan putih dan kertas dengan permukaan buram.

Dari kedua jenis kertas tadi yang banyak dipilih adalah kertas A4 dengan permukaan putih bersih. Kertas dengan permukaan putih dipilih karena memiliki permukaan yang lebih halus sehingga mempermudah untuk memoleskan pensil ke kertas dan menggambar bisa lebih detail.

Cara Mengatur Ukuran Kertas A4 dalam Berbagai Lembar Kerja Aplikasi

Cara Mengatur Ukuran Kertas A4 dalam Berbagai Lembar Kerja Aplikasi

Bekerja menggunakan komputer saat ini sudah bukan menjadi hal yang jarang lagi. Hampir semua pekerjaan sudah memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mempermudah pekerjaan.

Maka dari itu mengetahui kita perlu mengetahui bagaimana cara aplikasi-aplikasi bekerja, sehingga kita tidak kebingungan menggunakannya.

1. Cara Mengatur Kertas A4 di Microsoft Word

Mengatur ukuran kertas saat bekerja menggunakan aplikasi Microsoft Word biasanya menjadi hal yang dilakukan di awal.

Sebelum mengganti ukuran kertas, kita pastikan dulu ukuran kertas yang saat ini sedang digunakan oleh aplikasi Microsoft Word yang kita gunakan.

Biasanya aplikasi Microsoft Word sudah menerapkan ukuran kertas A4 sebagai pengaturan defaultnya. Namun ada juga yang menggunakan ukuran kertas lain seperti F4.

Jika setelah di cek ukuran kertasnya sudah A4 maka tidak perlu diubah. Namun jika ukurannya bukan A4 maka cara mengubahnya adalah sebagai berikut:

Dalam tutorial ini menggunakan Microsoft Word 2019, namun pada dasarnya bisa diterapkan di Microsoft Word versi lainnya.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word.
  2. Kemudian, pilih "Blank document" untuk membuat lembar kerja baru.
  3. Jika tampilan sudah seperti gambar, klik tab "layout" pada bagian atas.

  4. Selanjutnya, klik menu "Size".

  5. Pilih opsi kertas "A4".

  6. Selesai.

2. Cara Mengatur Kertas A4 di Excel

Untuk mengatur ukuran kertas pada aplikasi Microsoft Excel menjadi ukuran A4 dapat dilakukan dengan mudah. Karena pada dasarnya cara mengaturnya sama seperti pada Microsoft Word.

Pada Microsoft Excel, ukuran kertas biasanya juga disertai dengan satuan panjangnya seperti dalam bentuk satuan inci, cm, mm dan juga default yang digambarkan dengan simbol (").

Untuk mengubah pengaturan ukuran kertas menjadi A4 di Excel caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel.
  2. Buka file yang sudah ada atau buat file baru.
  3. Pada menu bagian atas pilih "Page Layout".

  4. Kemudian pilih "Size".

  5. Lalu pilih opsi "A4".

  6. Selesai.

3. Cara Mengatur Kertas A4 di Powerpoint

Aplikasi Microsoft Powerpoint biasa digunakan untuk kebutuhan presentasi materi, ide, rancangan, dan lainnya. Namun terkadang juga file Powerpoint di cetak untuk keperluan tertentu.

Untuk itu perlu kita ketahui cara mengatur ukuran kertas pada Powerpoint agar sesuai dengan ukuran kertas yang akan kita cetak.

  1. Buka aplikasi Microsoft Powerpoint.
  2. Kemudian pada menu bagaian atas pilih "Design".

  3. Pada bagian ujung menu sebelah kanan pilih "Slide Size".
    Cara Mengatur Ukuran Kertas A4 di Powerpoint

  4. Selanjutnya pilih "Custom Slide Size".
  5. Silahkan atur pada kolom Width menjadi 13 (inci) dan kolom Height menjadi 8.5 (inci).

  6. Jika sudah klik "OK".

4. Cara Mengatur Kertas A4 di Photoshop

Selain sebagai media untuk cetak dokumen, kertas A4 juga biasa digunakan untuk mencetak file foto atau gambar hasil editing. Dan salah satu software editing yang sering digunakan adalah Adobe Photoshop.

Dalam versi aplikasi photoshop terbaru rata-rata sudah menyediakan ukuran kertas A4 dalam opsi pilihan lembar kerja yang akan digunakan, jadi tinggal klik aja.

Namun untuk versi lama biasanya tidak ada pilihan opsi tersebut. Jadi kita harus mengaturnya sendiri secara manual.

Lantas bagaimana cara mengatur ukuran lembar kerja di photoshop agara menjadi ukuran kertas A4? caranya adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan aplikasi Adobe Photoshop.
  2. Pada menu File klik "New" untuk membuat dokumen baru.

  3. Kemudian sesuaikan ukuran dengan pengaturan sesuai gambar dibawah ini.
    Cara Mengatur Ukuran Kertas A4 di Photoshop

  4. Jika sudah silahkan klik "OK".

5. Cara Mengatur Kertas A4 di Corel Draw

Yang terakhir adalah bagaimana cara mengatur ukuran kertas di aplikasi Corel Draw. Ya, aplikasi Corel Draw biasa digunakan untuk mendesain sebuah brosur, poster, majalah dll.

Maka dari itu, mengetahui cara mengatur ukuran lembar kerjanya agar sesuai dengan ukuran kertas yang akan dicetak sangatlah penting.

Berikut cara mengatur ukuran kertas A4 pada aplikasi Corel Draw:

  1. Buka Corel Draw.
  2. Tekan tombol pada keyboar CTRL + N untuk membuat lembar kerja baru.
  3. Selanjutnya, pada bagian kiri atas klik tombol "custom", dan pilih opsi "A4".
    Mengatur Ukuran Lembar Kerja Corel Draw

  4. Selesai.

Sekian ulasan cara mengatur ukuran kertas A4 dalam berbagai lembar kerja ini dapat membantu Anda. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya, salam.

Alief
Alief The dreamer with poor execution, senang ngulik teknologi dan sharing dengan tulisan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Kertas A4 di Berbagai Lembar Kerja Aplikasi"