-->

Cara Fotocopy di Printer Canon, Brother, Epson Gampang!

Cara Fotocopy di Printer - Hai sobat copycenter semoga kalian sehat selalu, bertemu lagi dengan saya yang kali ini akan membagikan sedikit tutorial mengenai cara menyalin atau menggadakan dokumen di printer.

Selama ini mesin yang bertugas menyalin atau menggadakan dokumen adalah mesin fotocopy kan. Nah namun seiring berkembangnya teknologi kita juga bisa melakukannya dengan menggunakan printer loh.

Perlu diketahui bahwa tidak semua printer dapat digunakan untuk fotocopy dokumen, melainkan hanya printer yang memiliki fitur lengkap atau yang sering dikenal dengan Printer Multifungsi/AIO (All In One).

Karena printer-printer yang memiliki fitur fotocopy muncul baru-baru ini, tidak heran jika banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara fotocopy di printer.

Caranya melakukan fotocopy di printer cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan fotocopy di berbagai printer.

Cara Fotocopy di Printer Canon


Diantara merk printer yang paling banyak digunakan adalah merk printer keluaran dari perusahaan Jepang yaitu Canon.

Ada beberapa tipe printer Canon yang dapat digunakan untuk fotocopy dokumen.diantaranya Canon Pixma MP237, Pixma MG2570, dan seri Pixma lainnya..

Sebagai contoh cara melakukan fotocopy di printer berikut ini adalah contoh melakukanya di printer Canon Pixma MP237.

1. Silahkan nyalakan printer terlebih dahulu.

2. Buka tutup bagian atas printer.

3. Letakan kertas dokumen yang ingin difotocopy di atas kaca scanner dengan posisi dokumen dihadapkan kebawah.

4. Setelah kertas yang akan difotocopy dalam posisi lurus yang benar, selanjutnya tutup kembali tutup bagian atas printer.

5. Tekan tombol start fotocopy, jika ingin fotocopy hitam putih makan pilih tombol warna putih sedangkan jika menginginkan fotocopt  berwarna maka tekan tombol yang berwarna.


6. Jika proses sudah selesai, buka tutup atas dan ambil dokumen yang telah disalin tadi.

Bagaimana, cukup mudah bukan ? cara itu bisa Anda gunakan di berbagi seri printer Canon lainnya karena pada dasarnya sama saja.

Cara Fotocopy di Printer Epson

Jika Anda sudah bisa melakukan fotocopy pada printer Canon pada tutorial di atas, Anda dapat menggunakannya pada Printer Epson dengan mudah karena pada dasarnya caranya mirip.

Sebagai contoh tutorial di bawah ini saya menggunakan printer Epson L565. Sebelum melakukan fotokopi jangan lupa siapkan dokumen yang ingin salin terlebih dahulu.

1. Pastikan printer dalam keadaan ON, jika belum silahkan nyalakan terlebih dahulu.

Cara Fotocopy di Printer Epson

2. Buka tutup bagian atas printer.


3. Kemudian letakan dokumen yang akan di fotocopy di kaca scan, ingat letakan dokumen menghadap kebawah.


4. Tutup kembali printer.

5. Selanjutnya jika ingin fotocopy hitam putih tekan tombol abu-abu, namun jika ingin fotocopy berwarna maka tekan tombol biru.

Setelah Anda menekan tombol, dokumen Anda akan di scan oleh printer baru setelah itu di cetak. Jika sudah selesai jangan lupa untuk mengambil kembali dokumen Anda.

Nah itulah cara melakukan fotovopy di printer Canon dan Epson, Anda bisa juga menerapkan tutorial di atas pada printer Brother atau merk printer lainnya.

Cara Melakukan Fotocopy di Printer dalam Jumlah Banyak

Melakukan fotocopy dengan jumlah banyak pada dasarnya caranya sama dengan tutorial di yang telah dibahas diatas, namun ada sedikit trik tambahan.

Rata-rata pengguna printer masih belum mengetahui trik melakukan fotocopy dengan jumlah banyak sekaligus, melainkan menggunakan cara manual.

Cara manual yaitu dengan melakukan fotocopy halaman yang sama dengan cara mengulang cetakan berulang kali sehingga memerlukan banyak waktu.

Berikut ini trik yang bisa Anda ikuti untuk melakukan fotocopy di beberapa printer dengan jumlah banyak sekaligus.

1. Fotocopy Jumlah Banyak di Printer Epson L series :

  • Tekan tombol copy baik hitam putih atau yang berwarna sebanyak jumlah fotocopy yang ingin di hasilkan.
  • Contoh : misalkan ingin melakukan fotocopy hitam putih sebanyak 3 salinan, maka tekan tombol hitam putih sekali (jeda) sekali (jeda) sebanyak 3x.

2. Fotocopy Jumlah Banyak di Printer Epson L210 dan L350 :

  • Saat hendak melakukan fotocopy, tekan dan tahan tombol Resume/Stop bersamaan dengan tombol Copy (color/black) sampai 3-5 detik.
  • Selanjutnya printer akan mencetak sebanyak 20 lembar.
  • Jika yang Anda butuhkan kurang dari 20 lembar, misalnya 10 lembar saja Anda bisa menghentikan proses dengan menekan tombol Stop/Cencel.

Nah itulah tutorial cara fotocopy di printer, sekarang Anda tidak perlu kebingungan lagi jika hendak menggunakan printer Anda untuk fotocopy dokumen. Semoga bermanfaat, sampai jumpa!


Daftar dan Dapatkan Update Terbaru

0 Response to "Cara Fotocopy di Printer Canon, Brother, Epson Gampang!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel