Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Komputer Menggunakan WiFi

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Komputer Menggunakan WiFi - Mesin fotocopy merupakan pengganda dokumen. Namun di era sekarang, mesin seperti ini sudah tidak lagi hanya berfungsi pada satu peran saja.

Walaupun sebutannya fotocopy, akan tetapi juga dapat di gunakan sebagai printer, mesin scan, atau fax.

Sehingga dalam satu kantor, instansi atau perusahaan dapat menghemat biaya pengadaan elektronik. Selain itu juga tidak memakan tempat dari elektonik tersebut, karena dapat di minimalisir.

Mesin fotocopy dapat bekerja all in one atau mesin serba bisa. Dapat melakukan pekerjaan tidak hanya satu jenis saja. Untuk melakukan pekerjaan yang beraneka macam, membutuhkan mesin yang bisa terhubung ke komputer.

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Komputer Menggunakan WiFi

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Komputer Menggunakan Wifi
Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Komputer Menggunakan Wifi

Contoh mesin fotocopy sudah bisa terkoneksi jaringan yaitu canon IR 5000/6000/6020, kebanyakan tipe canon image runner dapat anda gunakan agar terhubung dengan komputer.

Cara ini bisa di lakukan dengan dua cara yaitu dengan WiFi atau Non WiFi. Hal seperti ini berpengaruh pada komputer yang di pakai.

Misalnya komputer tersebut menggunakan sistem Windows 7 atau 10, masing-masing memiliki perbedaan di seri driver di mesin fotocopy.

Sehingga kalian harus pilih driver yang cocok dengan sistem operasi yang di gunakan dan dapat terhubung dengan baik.

Dari beragam cara dalam menghubungkan mesin ke komputer, saya akan berbagi cara mudah menghubungkan fotocopy dengan komputer mneggunakan WiFi.

Karena dalam sebuah kantor atau perusahaan rata-rata sudah memiliki jaringan WiFi sehingga akan memudahkan. Dengan begitu kalian dapat mencetak dokumen dengan cepat dan praktis.

Cara seperti ini tepat jika di pakai pada area kantor yang mana memilik PC banyak. Maka per PC yang tersedia pada satu jangkauan area WiFi dapat instal driver mesin fotocopy.

Ide terhubungnya fotocopy ke PC ini juga lebih hemat dalam menggunakan kabel jaringan. Dan ruangan kantor lebih rapi karena kable jaringan dapat di minimalisir.

Fotocopy dapat terhubung dengan komputer melalui berbagai macam dari pengguna sistem operasi. Mesin ini juga dapat terhubung denga PC windows 7, 10 atau windows lama yaitu XP.

Langkah-Langkah Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Komputer

Sebelum kita mempraktekkannya, kalian siapkan terlebih dahulu peralatan yang di butuhkan. Poin terpenting pastikan jika mesin fotocopy memiliki fitur connection jaringan WiFi. Inilah sedikit peralatan yang di butuhkan:

1. Router

Alat yang difungsikan untuk bisa terhubung ke jaringan. Router nanti mendapatkan IP Address dari mesin fotocopy dan selanjutnya dapat menyambung ke jaringan yang tersedia. Maka dari itu komputer kemudian akan mendeteksi sendiri alamat IP.

2. Kabel UTP

Kabel UTP akronim dari Unshielded Twisted Pair merupakan alat yang menghubungkan jaringan LAN. Pada umunya UTP yang di pakai yaitu jenis cross dan straight. Dalam penerapan dihubungkan memakai kabel UTP tipe straight.

3. Software Fotocopy

Ini hal yang sangat penting dilakukan yaitu menyiapkan software. Jika belum download dan instal software makan proses selanjutnya tidak dapat berjalan. Sehingga instal software terlebih dahulu. Kalian nanti akan mudah untuk mengatur cara dalam menghubungkan nya dengan komputer.

Simak langkahnya berikut ini agar terhubung dengan komputer menggunakan WiFi dan dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kalian:

  • Hubungkan dahulu mesin fotocopy juga router

Carilah colokan RJ45 di fotocopy. Kemudian ambil ujung satu saja kabel UTP dan masukan ke dalam colokannya.

Selanjutnya menyambungkan ujung yang lain ke colokan router WiFi. Tahap ini merupakan tahap awal agar terkoneksi dengan jraingan dan dapat di gunakan.

  • Menemukan IP Address

Tahap ini untuk mencari alamat IP , seperti yang telah di jelaskan sebelumnya. Carilah juga subnet mask, gateway dan DNS yang terinput oleh fotocopy.

Stepnya masuk pada menu network and sharing center di komputer. Pilihlah wireless network connection. Nantinya muncul tampilan subnet mask, gateway dan DNS. Hal yang tertampilkan itu catat pada kertas, HP atau yang lainnya.

  • Menginput data ke mesin fotocopy

Ketika kalian sudah mendapatkan angka IP berupa angka tadi ketikkan ke mesin fotocopy. Masuk menu additional function di fotocopy > system setting > network setting > IP Address.

Silahkan, input data subnet mask, gateway dan DNS yang sudah kalian catat. Pastikan kalian tidak salah memasukkan IP Address dan bedakan IP Address di komputer tadi.

  • Ping IP Address

Tujuannya ping ini memastikan alamat IP diterima jaringan atau tidak. Dengan begitu kalian akan mengetahui gateway telah di respon host.

Masuk menu PING command di pengaturan fotocopy, input angka gateway dan start. Apabila ada pemberitahuan respond from the host bahwa mesin fotocopy sudah bisa connect ke jaringan.

Lalu input lagi IP Address dari mesin fotocopy di tempat yang di sediakan dan pencet start. IP sesuai jika mendapatkan pemberitahuan seperti tadi.

Jika pemberitahuan yang ada ternyata not respond, kalian dapat mencobanya lagi untuk menggantikan IP Address. Selanjutnya input lagi sampai nanti pemberitahuannya telah Respond.

Untuk tahap terakhinya hidupkan ulang fotocopy sebelum akan di pakai.

  • Atur komputer

Ketika proses pengaturan di fotocopy sudah selasai dan nomor di respond artinya sudah masuk di jaringan dan nomor IP juga bisa terdeksi di perangkat lainnya.

Kalian perlu ke tahap selanjutnya di komputer. Sebelumnya instal software terlebih dahulu pada komputer. Masuk menu device and printer > add printer > add a network, wireless, or bluetooth printer. Sistem proses menemukan IP dari fotocopy.

Setelah ketemu pilihlah have a disk dan temukan location untuk simpan software di PC. Ketika langkah proses beres kalian dapat memakainya untuk print out.

Baca juga : 5 Rekomendasi Mesin Fotocopy Untuk Usaha

Selesai

Bagaimana sangat mudah kan step nya. Penjabaran di atas merupakan cara menghubungkan mesin fotocopy ke komputer melalui jaringan WiFi.

Jadi jika area kerja tidak menyediakan WiFi serta dari peralatan tidak mendukung untuk connection WiFi tidak akan berjalan. Sehingga pastikan semuanya bisa di gunakan seperti yang kita harapkan.

Proses ini sangat membantu aktivitas kerja khusunya dalam mencetak file berupa print yang dilakukan dari komputer dapat segera tersalurkan dengan mesin.

Efisiensi kerja seperti ini sudah banyak di lakukan oleh perusahaan, instansi atau organisasi. Karena sebagai alternatif khususnya penghematan pengadaan barang.

Mesin fotocopy yang di lengkapi fitur WiFi sudah tersedia di banyak penjual di pasaran elektronik, tinggal kitanya menginginkan merek apa dan besaran budget kita berapa.

Bahkan berbagai tipe serta merek ini sudah tersedia pada sistem online, sehingga ini menghemat waktu kita untuk tidak perlu datang ke store mereka.

Namun sebelum membelinya memastikan jika bukan store abal-abal. Ketika sudah sampai di coba terlebih dahulu untuk memastikan jika mesinnya berjalan baik.

Semoga artikel mengenai caranya mengeprint dengan mesin fotocopy yang terhubung ke jaringan WiFi dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran kalian semua. Selamat untuk menerapkan.

 

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url