Topologi Hybird | Pengertian, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan

Topologi Hybird - Suatu komputer yang masih baru atau seken tapi masih kosong kemudian dirakit untuk digunakan kembali tidak bisa langsung melakukan semua aktivitas yang memerlukan jaringan seperti internet.

Dalam membentuk jaringan pada komputer juga tidak bisa sembarangan, karena bisa berpengaruh terhadap kinerja komputer itu sendiri.

Metode yang digunakan untuk menghubungkan jaringan pada suatu komputer di sebut topologi jaringan komputer.

Topologi Hybird

Metode ini memiliki macam-macam topologi jaringan yang berbeda mulai dari yang paling lama digunakan topologi bus, hingga yang terbaru topologi hybird.

Topologi hybird sendiri merupakan topologi yang memiliki skala yang paling besar jika dibandingkan dengan topologi bus atau yang lainya.

Mungkin banyak yang masih penasaran tentang topologi hybird mulai dari pengertian, karakteristik, cara kerja akan kami ulas selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Topologi Hybird

Pengertian Topologi Hybird

Topologi Hybird adalah topologi jaringan yang merupakan hasil dari penggabungan dua atau lebih topologi jaringan yang berbeda. Sehingga terbentuk rangkaian jaringan yang baru.

Misalnya topologi bus di gabungkan dengan topologi  star maka bentuk rangkaian yang di hasilkan mempunyai bentuk yang rumit.

Tapi jika topologi yang digabungkan merupakan topologi yang sama, seperti bus dengan bus maka hasil rangkaiannya juga disebut dengan topologi bus bukan hybird.

Ada beberapa topologi yang bisa digabungkan dan ada pula yang tidak, diantara topologi yang bisa digabungkan adalah topologi bus, star, tree, mesh.

Untuk media transmisi menggunakan hub atau bisa juga dengan switch dan menggunakan kabel UTP/STP dan konektor RJ-45 sebagai konektornya.

Karakteristik Topologi Hybird

Topologi Hybird sejatinya tidak memiliki karakteristik sendiri sebab topologi ini terbentuk dari penggabungan topologi yang berbeda jadi karakteristiknya merupakan bawaan dari topologi penyusunnya.

Misalnya, ada topologi hybird yang disusun dari bus dan star maka karakterisitk yang nampak adalah karakter dari topologi star atau bus.

Meskipun demikian ada juga ciri tersendiri yang membedakannya dengan yang lain seperti skala rangkaian yang cenderung lebih besar dari yang lain, bentuk rangkaian yang sulit untuk di identifikasi.

Cara Kerja Topologi Hybird

Sistem kerja yang digunakan topologi hybird tidak berasal dari dalam topologi sendiri, akan tetapi menggunakan cara kerja topologi penyusunya.

Dimana jaringan yang dipakai bisa dikontrol sesuai dengan kebutuhan pengguna, contoh topologi hybird yang susunanya dari bus dan star maka user bisa memilih cara kerja topologi bus atau topologi star.

Ini hebatnya, walaupun menggunakan dua sistem yang berbeda, tapi lalu lintas jaringan yang digunakan tetap menggunakan cara kerja topologi masing-masing sehingga tidak akan terjadi tabrakan jaringan.

Kelebihan Topologi Hybird

  • Jaringan fleksibel dan efisien.
  • Bisa menyatukan dua atau lebih topologi sehingga terbentuklah rangkaian jaringan baru.
  • Mudah jika ingin menambah komputer pada jaringan tidak perlu membongkar ulang jaringan.
  • Jika salah satu node mengalami masalah tidak akan berpengaruh dengan node yang lain.
  • Memiliki beberapa sistem kerja yang berbeda sehingga lebih fleksibel.
  • Kecepatan jaringan stabil karena menggabungkan kelebihan dari jaringan penyusun.

Kekurangan Topologi Hybird

  • Biaya mahal, dengan skala yang besar maka dibutuhkan banyak kabel dan hub/switch saat proses perakitanya.
  • Proses konfigurasi jaringan yang rumit, karena merupakan gabungan dari beberapa jaringan yang berbeda jadi.
  • Perawatan jaringan sulit, dengan sekala yang besar dan gabungan dari beberapa jaringan menjadikan strukturnya rumit untuk dipahami.
  • Memerlukan lokasi yang luas.
  • Merancang desain bentuknya cukup sulit, karena dirakit di tempat yang luas dan menggabungkan beberapa jaringan yang berbeda sehingga dibutuhkan struktur yang pas.

Demikianlah sedikit ulasan dari topologi hybird, meskipun tergolong topologi yang baru akan tetapi banyak juga keunggulan dari hybird yang tidak dimiliki oleh topologi jaringan sebelumnya.

Akan tetapi ada juga kelemahan yang didapat, apalagi dari sisi biaya pemasangan yang mahal tentunya orang akan berfikir dua kali untuk merakitnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url